Jadwal UN 2016 SMA Bulan Februari

Jadwal UN 2016 SMA Bulan Februari
Di Posting Oleh : Admin
Kategori : Berita pendidikan Blog Tutorial, Teknologi dan Kesehatan: Mangaip Blog | Berita Terkini dan Terbaru: Terbaru Online

Jadwal UN 2016 SMA

Jadwal UN 2016 SMA Bulan Februari ~ Selamat bertemu dengan Info Data Guru Terbaru, pada kesempatan ini Info Data Guru Terbaru akan posting seputar Ujian Nasional. Tahun 2016 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memajukan penyelenggaraan ujian nasional (unas) jenjang SMA/sederajat menjadi Februari. Tentunya hal ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, biasanya bulan April.

Jadwal Ujian Nasional 2015

Seperti yang dilansir jpnn.com (285/2015) , menurut rencana ini diungkap langsung oleh Mendikbud Anies Baswedan. Dengan perubahan jadwal unas 2016 ini akan memiliki konsekuensi pada penyampaian materi pelajaran kepada siswa. Yakni adanya pemampatan materi pelajaran di semester ganjil.

Alasan Ujian Nasional dimajukan, diantaranya Mendikbud Anies Baswedan menuturkan dengan dimajukannya penyelenggaraan ujian tahunan itu, ada jeda waktu bagi siswa untuk mendapatkan orientasi tambahan menjelang kelulusan.


Anies mengungkapkan bahwa hanya separo lulusan SMA sederajat yang melanjutkan kuliah. Sementara lainnya ada siswa yang ingin bekerja ikut orang atau perusahaan, berwirausaha, atau menjadi CPNS, TNI/Polri.

Nah para siswa dengan beragam pilihan setelah lulus SMA itu perlu ada pendalaman wawasan. "Waktu antara Februari sampai April itu bisa menjadi berharga," katanya.

Misalnya bagi siswa SMA yang berniat melanjutkan kuliah, maka akan dibekali matrikulasi untuk membantu kelulusan ujian masuk PTN. Sedangkan bagi siswa yang ingin bekerja, diajari cara menulis lamaran kerja, membuat CV yang menarik, hingga teknik menghadapi wawancara kerja.

Pihak sekolah juga bisa berinisiatif untuk menghadirkan alumni mereka dengan beragam profesi untuk memberikan wawasan kepada siswa yang akan lulus. Dengan cara ini, siswa tidak seolah-olah dibiarkan begitu saja mengarungi dunia nyata setelah tamat SMA.


-->

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini 5 Strategi Pembelajaran Holistik dari Mendikbud

Download Buku Guru dan Siswa Kelas 4 SD, Revisi 2017

Pandemi Covid 19 Mendorong Guru Berinovasi